Selasa, 15 Januari 2013

Membuat Peta Administrasi Kabupaten Sragen dengan Arcview - Part1[Registrasi]

Membuat Peta Administrasi Kabupaten Sragen dengan Arcview - Part1[Registrasi] - Registrasi adalah proses untuk mendaftarkan peta berdasarkan koordinat-koordinat tertentu dan dilakukkan pertama kali sebelum melakukkan proses digitasi peta.

Berikut langkah-langkah dalam registrasi peta :
1. Menyiapkan bahan-bahan yang dijadikan source nya antara lain : berupa gambar peta kabupaten sragen ber-extensi *.jpg dan Extention yang dibutuhkan untuk melakukan proses registrasi yaitu Geoteknika Indonesia.
2. Buka program Arcview 3.3 kemudian aktifkan Extention yang akan digunakan dengan cara : klik menu File > Extention > Centang Geoteknika Indonesia dan JPEG(JFIF) Image Support > Klik OK.
 
3. Membuat View baru dengan cara : Klik View > New. Akan muncul Jendela kerja View nya

4. Menambahkan Theme baru yang berupa Image Source nya dengan cara : Klik Menu View > Pilih Add Theme.

Kemudian cari file gambar peta yang akan di registrasi dan pastikan Data Source Types nya : Image Data Source > Kemudian Klik OK

5. Klik Tombol Geoferencing Peta Scan > Buat 2 titik secara diagonal pada peta.

Kemudian akan muncul :

Tekan Yes dan masukkan Koordinat seperti berikut :

Kemudian Tekan OK . Dan proses Registrasi Peta sudah selesai.

Begitulah kira-kira langkah-langkah dalam Membuat Peta Administrasi Kabupaten Sragen dengan Arcview - Part1[Registrasi].

ads

Ditulis Oleh : otogoogle Hari: 06.24 Kategori:

1 komentar:

  1. dimana yah saya bisa mendownload ekstensi Geoteknika Indonesia, soalnya secara default arcview saya tidak memiliki ekstensi ini. Terimakasih....

    BalasHapus